Notification

×

Tag Google

Empat Petugas Tewas Dalam Insiden Tabrakan KA Katurangga dan KA Bandung Raya

Jumat, Januari 05, 2024 | 15:54 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-05T08:54:28Z
Insiden Kecelakaan KA Katurangga dan KA Commuterline Lokal Bandung Raya

Fakta Khatulistiwa - Dua kereta api alami kecelakaan di Haurpugur, Kawasan Stasiun Cicalengka, Kabupaten Bandung, pada Jum'at (05/01/2024) sekitar pukul 06.03 WIB pagi.


Tabrakan ini melibatkan dua kereta Kereta Lokal Bandung Raya dan KA Turangga, sehingga bagian depan kedua kereta ini mengalami kerusakan. Bahkan salah satu gerbong Kereta Bandung Raya anjlog hingga terpental ke sawah. 


KA Turangga datang dari arah timur, dari Surabaya-Gubeng dengan tujuan akhir Bandung sedangkan KA lokal datang dari arah barat tujuan akhir Cicalengka.


Dalam keterangan resmi PT KAI Persero, dari total penumpang tersebut, sebanyak 287 orang berada dalam KA Turangga, kereta relasi Surabaya Gubeng - Bandung, dan 191 orang berada di dalam KA Commuterline Bandung Raya.


"PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan hingga kini tidak ada korban jiwa yang menimpa penumpang," ungkap pernyataan resmi PT KAI, Jumat (05/01/2024).


Adapun penumpang yang mengalami luka ringan terdapat sebanyak 22 orang dan telah dibawa ke Rumah Sakit terdekat untuk mendapatkan perawatan.


Rinciannya, 18 orang dirawat di RSUD Cicalengka, 2 orang di RS Edelwais, dan 2 orang di RS AMC.


Kendati demikian, dari kecelakaan dua kereta ini, tercatat ada 4 orang yang meninggal dunia dan mereka adalah petugas kereta api, terdiri dari Masinis, Asisten Masinis, Pramugara, dan pihak keamanan (Security).


Tragedi kecelakaan dua kereta di Cicalengka, Kabupaten Bandung pagi ini juga dibenarkan oleh Manajer Humas KAI Daop 2 Bandung Ayep Hanapi.


"Kejadian pukul 06.03 WIB di petak jalur Cicalengka-Haurpugur, KA Turangga dan KA Lokal," kata Ayep. 


Sebelumnya, Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal menjelaskan, pihaknya juga telah mengirimkan tim teknis untuk mengamankan lokasi kejadian.


“Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA) Kementerian Perhubungan turut prihatin dan berduka cita atas korban terdampak akibat insiden ini,” jelas Risal dalam keterangan resminya, Jumat (5/1). (Yud)

×
Berita Terbaru Update