Notification

×

Tag Google

Pemprov Banten Minta Pemda Gunakan APBD 2024 Secara Bijak

Rabu, Januari 10, 2024 | 13:49 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-11T06:51:05Z
Pj Sekda Banten, Virgojanti


Fakta Khatulistiwa - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten meminta kepada Pemerintah Daerah (Pemda) se Banten untuk membelanjakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) 2024 secara bijak.


Hal itu dikatakan oleh Penjabat Sekretaris Daerah (Pj Sekda) Banten Virgojanti. Ia menekankan agar APBD dibelanjakan dengan bijak, sehingga dapat memberikan dampak positif baik kepada masyarakat maupun bagi keuangan daerah melalui sumbangsih Pendapatan Asli Daerah (PAD).


“Saya berharap mudah-mudahan Pemda dapat terus berinovatif dan kreatif dalam rangka membelanjakan apbd-nya untuk investasi yang memberikan dampak positif terhadap investment. Jadi belanja pemerintah itu memberikan dampak terhadap nilai pendapatan daerah lagi,” ujar Virgojanti, Selasa 9 Januari 2024.


Pemprov Banten sendiri di tahun ini membagi porsi APBD untuk menjalankan mandatori dari Pemerintah Pusat yakni tentang pembangunan di sektor pendidikan, kesehatan dan infrastruktur.


Selain itu, pemprov juga akan menggunakan APBD 2024 ini untuk menekan angka kemiskinan ekstrem hingga 0 persen.


Virgo menuturkan, Pemprov Banten sendiri tidak tinggal diam, pihaknya akan terus memberikan support kepada Pemda untuk meningkatkan PAD juga menciptakan iklim investasi yang baik. Salah satunya dengan cara pembangunan sarana infrastruktur.


“Dukungan infrastruktur salah satu diantaranya adalah dalam rangka memberikan aksesbilitas yang baik terhadap iklim investasi yang ada di wilayah Banten,” tuturnya.


Pada tahun ini saja Pemprov Banten mengambil alih 13 ruas jalan milik Pemda menjadi milik Provinsi Banten. ke 13 ruas jalan itu rencananya akan dibangun menggunakan APBD Banten tahun anggaran 2024.


"Kita juga ditahun ini menanggani 13 ruas jalan milik Pemda di Banten yang beralih status menjadi jalan Provinsi. InsyaAllah kita tangani tahun ini,” pungkasnya. (*)

×
Berita Terbaru Update