Notification

×

Tag Google

Pj Walikota Buka Raker MPKU MPKS Muhammadiyah 2024, Rumuskan Program Panca Resolusi

Jumat, Januari 19, 2024 | 20:57 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-20T11:22:53Z
Pj Walikota Tangerang, Dr. Nurdin (kanan) didampingi Ketua MPKU MPKS PDM Kota Tangerang, Alpan Habibi (kiri) saat diwawancara oleh wartawan di depan Aula Jend. Sudirman UMT


Fakta Khatulistiwa - Majelis Pembinaan Kesehatan Umum (MPKU) dan Majelis Pembinaan Kesehatan Sosial (MPKS) Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Tangerang gelar rapat kerja (raker) dengan mengusung tema "Resolusi Tahun 2024 Bidang Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial" selama tiga hari sejak 19-21 Januari 2024.


Di hari pertama, raker yang berlangsung di Aula Jenderal Sudirman Kampus UMT Cikokol, juga turut dihadiri oleh berbagai narasumber dari Pj Walikota Tangerang, dr. Nurdin, Kepala Dinas Kesehatan, dr. Dini Anggraeni, Kepala Dinas Sosial, Mulyani, serta Kepala BNN Kota Tangerang, Kombes. Pol. Ichlas Gunawan.


"Kami menganggap kegiatan ini sangat penting, jadi bagian dalam upaya kita untuk membangun kolaborasi semua stakeholder yang ada di Kota Tangerang," kata Pj Walikota, Dr. Nurdin kepada wartawan, Jum'at (19/01/2024).


Menurut Nurdin, hubungan dunia kampus sangat penting dalam rangka membangun kolaborasi pentahelix, dimana kampus dengan konsep kajian, itu bisa memperbaiki atau menyempurnakan  terhadap rumusan kebijakan dari Pemerintah Kota Tangerang.


"Keikutsertaan stakeholder sangat penting, agar program-program kita dalam mensejahterakan masyarakat di Kota Tangerang ini dapat terlaksana," ucapnya.

Dialog Kesehatan dan Sosial Masyarakat Bersama Kepala BNN Kota Tangerang, Kepala Dinas Kesehatan, dan Kepala Dinsos Kota Tangerang dalam Raker MPKU MPKS di Aula Kampus UMT Cikokol


Ketua MPKU MPKS PDM Kota Tangerang, Alpan Habibi dalam waktu dekat akan menunjukan beberapa program kesehatan dan kesejahteraan sosial.


"Saya diamanahkan menggawangi dua majelis ini, dan tujuan kedepannya juga selain merumuskan program-program, kita juga akan merumuskan panca resolusi," terangnya.


Adapun program panca resolusi yang dirumuskan, yakni : 


1. Meminimalisir masyarakat mengkonsumsi rokok. 

2. Meminimalisir Angka Stunting

3. Meningkatkan Mentality Lansia

4. Pencegahan penyakit menular dan tidak menular

5. Mengembalikan aktifitas fisik


Dalam raker MPKU MPKS PDM Kota Tangerang juga turut dilibatkan dari, PD Aisiyah, PD Pemuda Muhammadiyah, PD Aisytaul Aisiyah, PC Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, PD Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hisbul Waton, Tapak Suci.


"Selain itu juga, Pimpinan Cabang Muhammadiyah Kota Tangerang dari 10 Kecamatan turut kita libatkan. Tadi datang juga hadir Amal Usaha Kesehatan, fakultas ilmu kesehatan, RSIA PKU Muhammadiyah Cipondoh," jelasnya.


Kemudian raker MPKU MPKS PDM Kota Tangerang akan berlanjut di Wisma Bhakti Pertiwi Puncak Bogor pada 20-21 Januari 2024 dengan menghadirkan berbagai narasumber dari, ketua MPKU PP Muhammadiyah, ketua MPKS PP Muhammadiyah, wakil ketua PWM Banten, dan anggota komisi IX DPR RI.


"Siap berkolaborasi dengan program-program pemerintah, baik dari Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, dan juga dari BNN," tambah Alpan.


Lebih jauh, MPKU dan MPKS juga berkolaborasi dengan lembaga internasional USAID, yang merupakan lembaga yang bermitra dengan Indonesia untuk mengembangkan infrastruktur, sistem kesehatan, dan ekonomi, dan bertanggung jawab atas bantuan kemanusiaan untuk negara-negara lain di dunia.


"Kita juga kan berkolaborasi dengan lembaga luar negeri seperti USAID, guna meminimalisir angka kematian bagi ibu dan anak, jadi hal itu terkonsen juga bagi MPKU dan MPKS," jelasnya. (Yud)



×
Berita Terbaru Update