Notification

×

Tag Google

Belasan Petugas KPPS Dikabarkan Meninggal Dunia Saat Tugas

Jumat, Februari 16, 2024 | 07:28 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-16T00:30:19Z
Belasungkawa Untuk Pejuang Demokrasi Yang Telah Gugur Dalam Tugas

Fakta Khatulistiwa - 15 petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) dikabarkan meninggal dunia dalam menjalankan tugas di Pesta Demokrasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.


"Sudah lihat di berita media-media (ada anggota KPPS meninggal)," kata Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Mochamad Afifuddin, dikutip dari CNN, Jum'at (16/2/2024).


Adapun ke 15 petugas KPPS yang dikabarkan meninggal dunia, saat menjelang pemungutan suara hingga masa penghitungan suara berakhir. 


Berikut ini beberapa pejuang demokrasi dari petugas KPPS yang meninggal dunia, seperti yang dirangkum dari berbagai media :


1. Teguh - Kendal


Anggota KPPS di TPS 011, Kelurahan Curugsewu, Kabupaten Kendal, Jawa Tengah, Teguh Joko Pratikno (43), meninggal dunia saat bertugas dalam penghitungan suara Pemilu 2024.


2. AJ - Jakarta Pusat


Seorang petugas KPPS meninggal dunia setelah mengalami kecelakaan tunggal di Jakarta Pusat saat hendak mengantarkan logistik dari Kelurahan Kebon Kacang ke Gelanggang Olahraga (GOR) Tanah Abang.


3. Larto - Langkat


Petugas KPPS di Desa Sawit Hulu, Kecamatan Sawit Seberang, Kabupaten Langkat bernama Larto (52) meninggal pada Kamis (15/2) pagi.


4. Mastur - Seram Timur


Mastur Safua, anggota KPPS Pemilu 2024 di Kabupaten Seram Bagian Timur, Maluku meninggal dunia diduga akibat kelelahan saat bertugas pada Pemilu 2024, Rabu (14/2).


5. Iyos - Jakarta Utara


Ketua KPPS di Rawabinangun, Kecamatan Koja, Jakarta Utara bernama Iyos Rusli meninggal dunia pada hari pemungutan suara.


6. Sinta - Bogor


Seorang anggota KPPS di Desa Sibanteng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor bernama Sinta Maharani meninggal dunia ketika sedang melakukan penghitungan suara Pemilu 2024. Dia sempat diantar pulang lebih awal karena sakit.


7. Dewi - Klaten


Anggota KPPS 04 Desa Karangturi, Kecamatan Gantiwarno,Klaten, Dewi Indriyani (43), meninggal dunia. Saat bertugas di TPS, Dewi sempat sakit.


8. Arman - Tasikmalaya


Seorang anggota KPPS di Kabupaten Tasikmalaya, Arman Ramansyah meninggal dunia saat bertugas. 


9. Fuad - Tasikmalaya


Selain Arman, Sekretaris PPS Desa Sukamaju, Kecamatan Pageur Ageung bernama Fuad Kholik juga dilaporkan meninggal.


10. Satriawan - Kab. Tangerang


Seorang anggota KPPS di Kabupaten Tangerang, Banten bernama Satriawan dilaporkan meninggal dunia diduga akibat kelelahan saat melakukan tugasnya pada Pemilu 2024, Rabu (14/2).


11. Dul Hanan - Banyuwangi


Petugas KPPS lain yang meninggal dunia saat menjalankan tugas adalah Ketua KPPS di TPS 18 Desa/ Kecamatan Singojuruh, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur bernama Dul Hanan (50).


12. Yusrizal -  Aceh


Ketua KPPS Desa Mane yang bertugas di TPS 8 Yusrizal meninggal dunia, diduga karena kelelahan.


13. Abdurrahman - Aceh


Anggota KPPS Desa Barieh, di TPS 2, Kecamatan Mutiara, Abdurrahman meninggal dunia saat menjalankan tugas lantaran kelelahan.


14. Firman - Medan


Ketua KPPS di TPS 6, Kelurahan Babura, Kecamatan Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara, bernama Firman meninggal dunia diduga karena serangan jantung.


15. Rita - Magetan


Rita Setyaningsih, anggota KPPS di Kelurahan Maospati, Kabupaten Magetan, Jawa Timur, meninggal dunia pada Senin (12/2). Diduga mengalami kelelahan setelah mengikuti rapat KPPS pada malam harinya.


Mendapati kabar korban yang meninggal semakin bertambah, Afif mengklaim bahwa KPU telah melakukan upaya antisipasi, dengan melakukan seleksi lebih ketat saat perekrutan anggota KPPS, seperti pembatasan usia dan tes kesehatan.


"Mudah mudahan enggak bertambah. Karena memang upaya-upaya kita, kan, sudah kita lakukan, ya," ujar Afif.


Dikatakannya, KPU juga menyediakan asuransi sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.


"Termasuk upaya mengkafer untuk antisipasi dampak-dampak, semacam santunan, itu kerja sama dengan daerah-daerah," tambah Afif. (Yud)

×
Berita Terbaru Update