Notification

×

Tag Google

Sambut Ramadhan Kantor Samsat Cikokol Gelar Munggahan

Minggu, Maret 10, 2024 | 01:20 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T06:50:44Z
Tradisi Munggahan di Kantor Samsat Cikokol (doc. Istimewa)

Fakta Khatulistiwa - Dalam menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Kantor Samsat Cikokol gelar siraman rohani dan makan bersama seluruh pegawai, dengan dihadirkan seorang ustad atau penceramah, yang berlangsung di aula gedung Samsat Cikokol, Sabtu 9 Maret 2024.


"Pengajian ini bisa disebut munggahan. Tradisi ini dilakukan untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan dan juga sebagai wadah untuk saling berma'af-ma'afan," ujar Kepala Sub Bagian Tata Usaha (Kasubag TU) Samsat Cikokol, Dadan Romdoni.


Dikesempatan yang sama, Kepala UPT Samsat Cikokol, Dwi Nopriadi Atma Wijaya menyebut bahwa munggahan ini adalah tradisi dari seluruh komponen masyarakat yang mayoritas beragama Islam, bahkan dirinya juga berkesempatan untuk menghadiri kegiatan yang sama di Bapenda Provinsi Banten.


"Sebelum ada acara hari ini, kemarin di Bapenda Banten juga mengadakan acara munggahan, kita saling berma'af-ma'afan, membuka pintu ma'af sesama pegawai. Tujuannya adalah untuk agar lebih khusyu lagi dalam beribadah dan bekerja, dengan harapan mendapat limpahan pahala dari Allah SWT," terang Dwi.


Dalam munggahan ini dikatakan Dwi, diisi dengan pembacaan surat Yasin, Tausiah, hingga pembagian sembako.


"Setelah acara itu kita salaman berma'af-ma'afan dan makan bersama. Selain itu juga kita membagikan sembako kepada seluruh staf dan pegawai Samsat Cikokol," jelasnya.


Lanjut Dwi, hal tersebut merupakan agenda rutin Kantor Samsat Cikokol. Bahkan seluruh staf dan pegawai juga bakal rutin menjalankan ibadah bersama serta kegiatan sosial lainnya selama bulan puasa 


"Seperti sholat dzuhur berjamaah, buka puasa bersama, dan diakhir Ramadhan biasanya kita melakukan pembagian takjil dan sholat tarawih bersama seluruh pegawai," terangnya.


Untuk diketahui, selama bulan suci Ramadhan di Samsat Cikokol sedikit mengalami perubahan jam pelayanan.


"Sedikit tambahan informasi bahwa pelayanan Samsat Cikokol disaat bulan puasa mengalami sedikit perubahan jam pelayanan," tuturnya.


"Buka dari hari Senin sampai Jum'at pukul 8.00 hingga 14.00 Wib, dan untuk hari Sabtu buka dari pukul 8.00 hingga 12.00 Wib," kata Dwi mengakhiri. (Yud)

×
Berita Terbaru Update