Notification

×

Tag Google

Potensi Arus Mudik Lebaran 2024 di Kota Tangerang Meningkat

Senin, April 08, 2024 | 16:25 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-08T09:25:16Z
Puncak Arus Mudik di Terminal Poris Kota Tangerang (doc. Istimewa)

Fakta Khatulistiwa - Musim arus mudik Lebaran 1445 H, tren potensi mobilitas masyarakat terjadi peningkatan di Kota Tangerang.


Hal itu dikatakan langsung oleh Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang, Achmad Suhaely, Senin 8 April 2024.


Menurut Suhaely, tren peningkatan mobilitas selama musim mudik dapat dilihat berdasarkan hasil survei yang dilakukan Badan Kebijakan Transportasi (BKT) belum lama ini.


Ya, berdasarkan data tersebut, jumlah pemudik secara nasional akan meningkat 71,7 persen dengan sekitar 28 juta (14,6 persen) berasal dari Jabodetabek.


Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Achmad Suhaely (doc. Istimewa)

“Berdasarkan data survei tersebut menjelaskan, minat masyarakat untuk melakukan perjalanan mudik khususnya yang meninggalkan Jabodetabek sangat besar. Oleh karenanya, kami terus melakukan persiapan secara matang,” ujar Suhaely.


Tidak hanya itu, Dishub Kota Tangerang juga mencatat kenaikan jumlah data peserta mudik gratis dibandingkan tahun kemarin. 


“Kami melihat antusias masyarakat dalam menyambut musim mudik Lebaran tahun ini sangat luar biasa," jelasnya.


Tercatat, Kantor Dishub Kota Tangerang telah memverifikasi 3.400 data calon pemudik yang akan memanfaatkan layanan mudik gratis dari Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.


"Tidak hanya jumlah peminat yang melonjak, kami juga akan terus memantau kondisi di lapangan, khususnya di beberapa lokasi strategis seperti Terminal Poris Plawad,” tambahnya.


Selain itu, Dishub Kota Tangerang juga telah melakukan beberapa persiapan khusus, seperti melakukan uji kelayakan (ramp check), memasang Rambu Penduhulu Pentunjuk Jalan (RPPJ), melakukan tes kesehatan, mendirikan posko mudik, sampai berkoordinasi bersama petugas gabungan yang terlibat dalam Operasi Ketupat Jaya 2024. ***

×
Berita Terbaru Update