Notification

×

Tag Google

Rusak Estetika, Warga Cipare Bongkar Tempat Pembuangan Sampah

Sabtu, Mei 18, 2024 | 16:40 WIB | 0 Views Last Updated 2024-05-18T09:40:34Z
Warga Cipare beserta segenap Instansi Pemerintahan Kota Serang Berjibaku Bongkar Tempat Pembuangan Sampah (doc. Istimewa)

Fakta Khatulistiwa - Kerap merugikan, dan merusak estetika lingkungan. Warga Cipare, bongkar Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang berlokasi di tepian Jalan Raya Serang - Pandeglang, Sabtu 18 Mei 2024.


Kepala Kelurahan Cipare, Zaki Mubarok menjelaskan, bahwa pembongkaran TPS dilakukan karena berdasarkan usulan warga masyarakat sekitar, dan sudah menjadi keputusan bersama dari hasil musyawarah forum RT RW 04-05 Cipare Tegal, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang.


"Tidak sebatas itu saja, dan memang kalau dilihat dari aspek teknis maupun sisi manfaatnya bahwa lokasi TPS tersebut sudah menutup akses bagi pejalan kaki guna kepentingan umum. Bahkan TPS tersebut juga berada tepat di bahu jalan utama. Yang mana sering dilintasi oleh warga dari dalam maupun luar daerah," kata Zaki.


Dihimpun dari warga, TPS yang terletak di dekat Kantor Kelurahan Cipare, Kota Serang tersebut dikarenakan sering terjadi kelebihan muatan, sehingga sampah meluber sampai ke bahu jalan.


"Setidaknya hal itu juga sangat menganggu kenyamanan para pengguna jalan saat dilakukan proses pengambilan sampah oleh petugas," terang Zaki.


Selanjutnya dikesempatan terpisah juga dikatakan 


Dikesempatan yang sama, perwakilan warga dari Karang Taruna Cipare, Danil Suherland menambahkan bahwa langkah dan keputusan pembongkaran TPS adalah hal yang tepat.


"Sama-sama kita selaku warga masyarakat menjaga lingkungan yang bersih. Sebab dari sisi estetika juga kelihatan tidak bagus, hal itu kerap disebabkan sampah yang sering meluber, apalagi tepat berada di lingkungan permukiman warga masyarakat Cipare dan berada di perlintasan jalan utama," ucap Danil.


Lebih lanjut dikatakan Danil, para warga yang didampingi oleh Kelurahan Cipare akan berkoordinasi dengan Satpol PP Kota Serang untuk dapat menindak tegas bilamana ada warga yang kedapatan membuang sampah sembarangan di lokasi TPS yang telah dibongkar tersebut.


"Apalagi usai dilakukan pembongkaran titik lokasi yang sebelumnya sebagai lokasi TPS sudah dipasang Polis Land,"


"Untuk itu kami meminta kerjasama dan kesadarannya untuk siapapun itu, agar tidak lagi membuang sampah disini," harap Danil.


Diketahui bersama, bahwa dalam pembongkaran TPS yang berada tepat di Lingkungan Cipare depan TPU Kedalingan, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang-Kota Serang telah dihadiri langsung Muspika, seperti Bhabinkabtimas dan Babinsa, Dinas Lingkungan Hidup, Lurah, serta RT RW bersama Pemuda Cipare.

Sumber : Redaksi

Editor : Yudha

×
Berita Terbaru Update