Notification

×

Tag Google

Diduga Depresi, Warga Binaan Lapas Pemuda Tewas Gantung Diri

Sabtu, Juni 22, 2024 | 14:42 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-22T07:42:44Z
Seorang WBP yang diduga depresi tewas gantung diri di kamar tahanan (doc. Fakta Khatulistiwa)


Fakta Khatulistiwa - Seorang Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Pemuda Kelas IIA Tangerang ditemukan tewas di kamar tahanan.


WBP dengan perkara 365 KUHP bernama Habibi Albar Bin Winarno ditemukan tewas tergantung dibawah tangga (kamar panggung) dengan jeratan tali celana dilehernya, pada Rabu 19 Juni 2024, sekira pukul 07.20 WIB pagi.


"Pada saat akan membuka gerendel, petugas blok, menemukan salah satu Warga Binaan atas nama Habibi Albar Bin Winarno diduga melakukan tindakan bunuh diri yang ditemukan dalam keadaan tidak sadarkan diri dengan posisi berdiri di bawah tangga dan keadaan leher terikat tali celana yang telah disambung," kata Humas Lapas Pemuda Kelas II A Tangerang, Bambang dalam keterangan tertulis yang di terima Redaksi Fakta Khatulistiwa.


Diungkapkannya, tewasnya WBP yang tengah menjalani sisa hukuman penjara selama 7 tahun ini, telah dilakukan pemeriksaan oleh petugas gabungan dari Polisi hingga pihak Kedokteran.


"Dari pemeriksaan tersebut, kemudian ditemukan bukti-bukti berupa lidah menjulur keluar, ditemukan bercak air sperma di celana dalam, dan 

keluar kotoran dari lubang anus, serta tidak ditemukan luka lebam disekujur tubuh," jelasnya.


Kepala Lapas Kelas II A Tangerang, Wahyu juga membenarkan adanya peristiwa tersebut. Ia mengatakan bahwa WBP yang merupakan warga Kp. Cipayung, Kab. Bogor ini tewas akibat depresi.


"Penyebabnya almarhum (WBP an. Habibi Albar -red) depresi mas," ujar Wahyu saat dihubungi Fakta Khatulistiwa, Sabtu 22 Juni 2024.


Lebih lanjut, Wahyu menegaskan tidak ada tanda kekerasan yang dialami oleh WBP Habibi Albar bin Winarno di kamar tahanan Lapas Kelas IIA Tangerang.


"Insya Allah tidak ada mas. Karena disekujur tubuhnya tidak ditemukan luka lebam, memar, maupun luka terbuka," terangnya.


Kemudian, usai dilakukan pemeriksaan jasad WBP yang tewas gantung diri tersebut dibawa ke kamar Jenazah RSUD Kabupaten Tangerang dan selanjutnya diserahkan kepada pihak keluarga yang telah mengikhlaskan kepergian Habibi Albar bin Winarno.

Koresponden : Yudha

×
Berita Terbaru Update