Notification

×

Tag Google

Dongkrak PAD, Samsat Cilegon Door To Door Pentung Pajak

Selasa, Juni 25, 2024 | 20:17 WIB | 0 Views Last Updated 2024-06-25T13:20:04Z
Operasi pajak di kantong parkir (doc. Fakta Khatulistiwa)

Fakta Khatulistiwa - Dalam mendongkrak Pendapatan Anggaran Daerah (PAD) Samsat Kota Cilegon melakukan keseriusan dengan melakukan operasi penelusuran tunggakan pajak secara door to door.


Salahsatunya, Samsat Kota Cilegon beserta tim langsung mendatangi kantong-kantong parkir, seperti di SPT, dan Lotte Chemical, dengan cara melakukan pengecekan langsung pada kendaraan-kendaraan yang terparkir di kawasan tersebut.


"Giat hari ini kami namakan dengan 'PENTUNG PAJAK' atau lebih jelasnya ialah Penelusuran Tunggakan Pajak bagi kendaraan yang belum membayar pajak," kata Kepala UPTD Samsat Cilegon, TB Mochamad Kurniawan, Selasa 25 Juni 2024.


Nah.. PENTUNG PAJAK yang digagas dan dilaksanakan adalah langkah dan juga upaya dalam peningkatan PAD Kota Cilegon sesuai ketentuan yang sudah diatur dalam Undang-undang Nomor. 28 Tahun 2009.


"Selain itu dengan berdasarkan KBMDU Cilegon, kami juga langsung melakukan penagihan pajak terhadap 27 perusahaan yang belum melakukan daftar ulang seperti salahsatunya ialah perusahaan PT. Anugrah Jaya Resource," tegasnya.


Terhitung dari bulan Januari hingga bulan Juni 2024, Samsat Cilegon sudah melakukan kerjasama dengan pihak JNE. Langkah kerjasama tersebut dilakukan guna penyebaran dokumen terhadap KBMDU (Kendaraan  yang Belum Melakukan Daftar Ulang) di 8 Kecamatan.


Adapun dalam kinerjanya, Samsat melakukan penagihan dengan mendatangi langsung kepada 6.000 wajib pajak di Kota Cilegon, yang ditargetkan disemester satu ini.


"Bahwa selain dilakukannya penelusuran pajak yang sudah dilakukan ke kantong-kantong parkir di sekitar wilayah Kota Cilegon, juga berdasarkan KBMDU. Samsat Kota Cilegon juga melakukan penagihan pajak ke beberapa Perusahaan," jelasnya.


Selanjutnya, Samsat Cilegon kembali mengingatkan kepada seluruh pemilik kendaraan yang belum bayar pajak, agar segera melakukan pembayaran pajak di loket-loket Samsat Cilegon yang tersedia.


"Selain itu juga, giat ini akan rutin kita laksanakan selama satu minggu kedepannya," katanya.

Koresponden : Ampera Situmeang

×
Berita Terbaru Update