Notification

×

Tag Google

Soma Atmaja Tetap Yang Tersuper Rangkap Jabatan di Tangerang

Jumat, Juli 19, 2024 | 13:46 WIB | 0 Views Last Updated 2024-07-19T07:10:07Z
Ilustrasi Pahlawan Super Rangkap Jabatan (by Fakta Khatulistiwa)

Fakta Khatulistiwa - Penunjukan Rudi Lesmana  sebagai Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Tangerang diduga hanya menjadi pengalihan kritikan para aktivis.


Hal tersebut dengan maraknya isu terkait penunjukan Soma Atmaja yang memiliki rangkap jabatan dan lagi terpilih sebagai Plh Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang oleh Pj Bupati Tangerang Andy Oni Prihantono.


Saat dikritisi dengan adanya lima jabatan yang diduduki oleh Soma Atmaja, saat ini dirinya masih memegang dua jabatan starategis di Pemerintahan Kabupaten Tangerang. Yakni, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) dan Plh Sekda.


Sedangkan Plt Kepala Diskominfo saat ini dijabat oleh Rudi Lesmana yang saat ini masih menjabat sebagai Kepala Kesbangpol Kabupaten Tangerang.


Walau diterpa isu miring dari berbagai kalangan. Namun saat ini, Soma Atmaja dikatakan tetap menjadi pejabat yang "Tersuper" di Pemerintahan Kabupaten Tangerang.


"Dalam merangkap jabatan yang artinya dia (Soma Atmaja - red) tetap memegang empat jabatan di Kabupaten yang bermottokan Tangerang Gemilang ini," kata Muslim saat ditemui awak media di Tigaraksa, pada Jumat, 19 Juli 2024.


Lanjut Tokoh masyarakat ini mengatakan, apa pun yang telah terjadi saat ini rasanya sulit melepaskan diri dari adanya dugaan unsur politik.


"Mengingat tahun ini adalah tahun politik, walaupun begitu kita hanya bisa menduga. Seandainya ada  pendapat atau opini yang mengatakan tentang hal yang telah terjadi ini lebih cenderung ke arah  politik. Itupun sah-sah saja. Karena itu kan hanya sebatas dugaan bukan menuduh," katanya.


"Walaupun begitu saya masih percaya kepada Pj Bupati Tangerang dalam memilih dan menentukan siapa yang pantas dan siapa yang lebih pantas  untuk menjabat Plt Sekda di waktu yang akan datang," terangnya.


"Pastilah dari unsur Eselon ll B yang mampu meningkatkan PAD Kabupaten Tangerang dan yang pasti dari unsur ASN yang terbaik dari yang baik-baik saja, hal itupun perlu dilakukan Andy Ony. Mengingat derasnya arus negatif yang dialamatkan kepada Pj Bupati Tangerang Andy Ony Prihartono dalam penunjukan Plh Sekda. Sebagaimana halnya telah tersiar di berbagai media," tambahnya.


Menurutnya, terkait penunjukan Plt Kadis Kominfo yang saat ini diduduki oleh Rudi Lesmana, hal itu bisa juga diduga sebagai pengalihan.


"Ya bisa juga dikatakan pengalihan isu dan bisa  membuka ruang kiritikan terhadap pihak-pihak yang

punya kewenangan dalam hal penunjukan tersebut", tutup Muslim.


Dilain sisi, Kepala BKPSDM Kabupaten Tangerang, Hendar mengatakan, dalam penunjukan PLH Sekda dan Plt Kadiskominfo hanya cukup pihaknya dan Pj Bupati Tangerang yang dapat mengesahkan.


"Terkait penunjukan Plh Sekda dan termasuk penunjukan Plt Kadis Kominfo, cukup saya dengan Pj Bupati Tangerang untuk prosesnya. Tidak harus melibatkan Baperjakat karena ini sifatnya Plh, Plt," kata Hendar.


Ia juga menegaskan, untuk ASN yang tengah di masa promosi, mutasi, dan rotasi jabatan baru dibahas hingga ke tingkat Baberjakat.


"Kalau di saat promosi, mutasi dan rotasi jabatan barulah dibahas di tingkat Baberjakat,"  jelasnya.


Penulis : Ampera Situmeang

Editor : Yudha

×
Berita Terbaru Update