Notification

×

Tag Google

DP3AP2KB Bantu Kasus Bocah Yang Disiksa Ortu Sambungnya

Selasa, Januari 23, 2024 | 06:44 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T23:46:36Z
Jatmiko, Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang


Fakta Khatulistiwa - Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Kota Tangerang segera tangani seorang bocah perempuan penuh lebam akibat disiksa oleh orang tua sambungnya.


Kepala DP3AP2KB Kota Tangerang, Jatmiko, mengatakan telah mengutus tim untuk mengurus kasus bocah perempuan tersebut setelah pihak PPA Polres Metro Tangerang Kota menghubungi pihaknya.


“Kita kirim Satgas saat ini masih di Polres dan siap dibawa ke rumah sakit untuk divisum untuk bukti penganiayaan itu, nanti dari dinas yang bayar, nanti psikolog kita akan berikan konseling untuk penanganan sisi traumatis si anak,” terang Jatmiko kepada wartawan, Senin (22/1/2024)


Untuk sementara, kata Jatmiko, korban akan dipisahkan dengan orang tuanya, dan anak tersebut akan diamankan di rumah perlindungan milik DP3AP2KB yang dirahasiakan lokasinya.


“Khawatir kembali terjadi kekerasan, kita tangani dulu kita sembunyikan dulu, disitu nanti ada satpamnya, makan minum kita jamin, didampingi oleh Satgas,” jelas Jatmiko.


Lebih lanjut, usai hasil visum, Satgas dari DP3AP2KB akan melanjutkan proses hukum dengan membuat laporan terkait kasus tersebut.


“Walaupun tadinya sudah dibawa ke kantor Polisi, kita akan buat laporan Polisi agar Polres bisa ambil langkah-langkah, kalau itu tindakan penganiayaan yang dilakukan terhadap anak itu pasti ditangkap orang tuanya,” ucapnya.


Tidak sampai disitu, DP3AP2KB juga akan mengambil langkah mediasi usai assessment dilakukan. Dan untuk kedepan hak asuh akan dikembalikan kepada keluarga yang memiliki hubungan sedarah.


“Biasanya kita dengan mediasi kalau si anak masih punya keluarga, nanti diasuh siapa, apa neneknya atau pamannya, bibinya yang ada kaitan darah,” jelasnya.


Jatmiko pun belum dapat memastikan secara pasti apa motif atau pemicu hingga anak tersebut dianiaya oleh kedua orang tua sambungnya karena masih dalam proses pemeriksaan. (Yud)

×
Berita Terbaru Update