Notification

×

Tag Google

Jokowi Resmikan IPA Sitanala di Bendungan Karian Lebak Banten

Senin, Januari 08, 2024 | 22:41 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-08T15:41:39Z
IPA Sitanala yang diresmikan dan ditandatangani oleh Presiden RI Joko Widodo

Fakta Khatulistiwa - Instalasi Pengolahan Air (IPA) Sitanala akhirnya diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo, di Bendungan Karian, Kabupaten Lebak, pada Senin (08/01/2024), bersamaan dengan peresmian bendungan terbesar ke tiga di Indonesia tersebut.


Pj. Wali Kota Tangerang, Nurdin, yang hadir didampingi Direktur Utama (Dirut) Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendi, menyampaikan apresiasinya atas gerak cepat Pemerintah Pusat dalam merespon kebutuhan air bersih di Kota Tangerang. 


"Insha Allah IPA Sitanala yang memiliki kapasitas hingga 500 liter/detik ini nantinya akan dapat semakin optimal dalam menyuplai ketersediaan air bersih untuk masyarakat Kota Tangerang," ucap Nurdin usai acara peresmian, Senin (08/01/2024).


Nurdin berharap dengan diresmikannya IPA Sitanala tersebut kebutuhan masyarakat akan air bersih dapat semakin terpenuhi.


"Dan dengan diresmikannya IPA Sitanala ini, tentunya tak kurang dari 51.000 Sambungan Rumah (SR) di zona dua siap untuk dialiri air bersih," imbuhnya.

Pj. Walikota Tangerang, Doktor Nurdin beserta jajaran Kementrian PUPR, dan Dirut Perumda Tirta Benteng

Terlebih, lanjut Nurdin, IPA Sitanala juga ditunjang dengan sistem pemantauan elektronik Supervisory Control And Data Acquisition (SCADA).


"Tentunya hal ini akan menambah efektivitas kerja pegawai dalam melakukan monitoring dan evaluasi terhadap mekanisme dan juga perangkat yang mendukung penyediaan air bersih bagi masyarakat sehingga dapat lebih optimal lagi," terang Nurdin.


Sementara itu, Dirut Perumda Tirta Benteng, Doddy Effendi mengatakan, Perusahaan Air minum yang dinahkodainya akan mengaliri hibah jaringan perpipaan dan sambungan rumah sebanyak 51.415 sambungan, dari Perumda Tirta Kerta Raharja. 


"Sambungan tersebut berada di zona dua yaitu Kecamatan Karawaci, Kecamatan Cibodas, Kecamatan Periuk, dan Kecamatan Jatiuwung," jelas Doddy.


Peresmian IPA Sitanala ini juga dilakukan Presiden Jokowi setelah instalasi tersebut rampung dibangun dan diserahterima dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) kepada Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang, pada Minggu (07/01/2024) kemarin.


"IPA sitanala dapat pengecekan langsung oleh Menteri PUPR, Pak Basuki, turut hadir mendampingi, Ibu Dirjen Cipta Karya, dan Penjabat Wali Kota Tangerang. Tentunya kegiatan tersebut dalam rangka mengecek dan memastikan langsung bahwa IPA Sitanala sudah befungsi," terangnya. (Yud)

×
Berita Terbaru Update