Notification

×

Tag Google

Koi Platinum Miliki Karakteristik Sangat Elegan, Begini Cara Memilihnya

Rabu, Januari 03, 2024 | 17:01 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-03T10:01:07Z
Ikan hias Koi Slayer Platinum

Fakta Khatulistiwa - Salah satu kendala pembudidaya dalam pembudidayaan ikan koi hias adalah permasalahan dalam pemilihan ikan koi hias yang baik dan berkualitas. Ikan koi hias super dan unggul memiliki khasiat istimewa yang tidak dimiliki ikan koi biasa.


Dari segi harga pasti berbeda. Ikan koi super hias bisa mencapai jutaan rupiah. Dan ikan koi hias biasa dengan ukuran yang sama hanya beberapa puluh ribu saja. Kali ini admin akan sedikit mengulas tentang jenis ikan koi Slayer Platinum  yang mana secara spesifik jenis Slayer Platinum ini hampir sama dengan jenis Ikan koi Slayer pada umumnya.


Namun tentu saja beda nama pasti beda pula karakteristik kedua jenis ikan koi ini. Mari sama-sama kita jabarkan apa saja perbedaan antara ikan koi Jenis Slayer Platinum dengan jenis slayer ini,dan apa saja menariknya dari jenis ikan koi ini.


Sebenarnya jenis ikan koi Slayer platinum ini memang banyak variasinya, dan lebih dikenal dengan sebutan Slayer pada umunya yang mana kebanyakan jenis ini memiliki warna emas dan ada pula yang berwarna putih, namun beda halnya dengan jenis Koi Slayer Platinum yang mana khusus pada jenis ini memiliki warna yang jauh berbeda bukan warna putih atau emas, atau bahkan warna kuning ataupun merah. 


Justru Ikan Slayer platinum ini memiliki warna silver seperti ada blink-blink pada tubuhnya, dan dengan ini tentunya mempunyai pesona serta karakteristik yang terlihat lebih elegan.


Untuk keperluan dekoratif Koi, di dalam kolam atau di akuarium, berikut beberapa tips memilih ikan Koi yang baik :

  1. Pilihlah bentuk tubuh ikan Koi yang ideal. Idealnya perbandingan panjang dan tinggi ikan Koi adalah 1: 2 atau 1: 3. Dilihat dari atas, tubuh ikan Koi terlihat memanjang dan tidak terlalu gemuk.
  2. Usahakan untuk jeli dalam memilih ikan koi,dengan memastikan bahwa ikan koi tersebut memiliki garis punggung lurus atau tidak melengkung.
  3. Ikan Koi yang baik memiliki gaya renang yang seimbang karena memiliki sepasang sirip yang seimbang di kanan dan kiri serta memiliki garis tubuh yang seimbang. Diketahui bahwa ikan koi memiliki jitai yang baik.
  4. Pilih ikan koi dengan sirip dada dan sirip perut yang sama.
  5. Pilih ikan koi dengan ukuran sirip punggung dan ekor yang proporsional, seimbang, dan sesuai dengan panjang dan tinggi ikan koi. Usahakan agar sirip punggung ikan koi tetap tegak, tidak miring atau jatuh, ke kiri atau ke kanan.
  6. Bentuk kepala yang meliputi mata, mulut, dan insang harus proporsional dan serasi. Jangan memilih hidung ikan koi yang terlalu lancip atau cukup dalam untuk tenggelam di tumpukan daging.
  7. Hati-hati jika hidung Anda terlalu terbuka. Ikan koi bisa saja memiliki penyakit, terutama penyakit insang.
  8. Pilih ikan koi dengan warna cerah dan kontras. Perbatasan pola warna yang jelas bagus untuk ikan koi. Contohnya pada ikan Kohaku Koi, warna merah terlihat cerah dan warna putih seputih salju. Tidak ada warna lain atau merah tidak kekuningan.

Ikan koi yang baik pada dasarnya perlu memperjelas jenisnya dengan memiliki atau memenuhi kriteria yang ditentukan dari suatu jenis ikan koi.

  1. Pilih ikan koi yang sehat. Hindari ikan koi yang tampak lesu, berenang perlahan, berenang tidak rata, atau sering berada di dasar kolam. Gerak insang terlalu cepat yang menandakan ikan mengalami kesulitan bernapas, yang kemungkinan besar ikan tidak sehat.
  2. Ikan koi yang baik dan senang bergaul dengan kawanannya. Hindari tingkah ikan koi yang cenderung menyendiri atau jauh dari teman-temannya. Bisa jadi ikan koi sedang sakit atau memiliki kebiasaan buruk dijadikan ikan hias. 


Harga Ikan Koi Slayer Semua Ukuran


Harga ikan koi slayer untuk setiap jenis dan ukuran tentu berbeda-beda, semakin besar ukuran ikan koi slayer maka akan membuat harga jualnya menjadi lebih tinggi. Ikan koi slayer dewasa bisa mencapai panjang hingga 60 cm dengan berat lebih dari 5 kg. 


Ikan koi slayer terbesar di dunia terdapat di peternakan ikan koi di Jepang. Untuk harga ikan koi slayer terbesar ini tidak disebutkan nominalnya. (Sourch Koi Farm)

×
Berita Terbaru Update