Notification

×

Tag Google

Puskesmas Panbar Resmikan Posyandu GEMASKU KEREN

Minggu, Januari 14, 2024 | 17:23 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-14T10:23:47Z
Swafoto bersama saat lounching Posyandu GEMASKU KEREN


Fakta Khatulistiwa - Puskesmas Panunggangan Barat (Panbar) resmikan Posyandu GEMASKU (Gerakan Remaja Sehat dan Kuat) KEREN yang berlokasi di Kampung Kebon Kelapa, RT001, RW006, Kelurahan Panunggangan Barat, Kecamatan Cibodas, Kota Tangerang, Provinsi Banten, Minggu (14/01/2024).


Selain kader-kader remaja, pada acara peresmian posyandu ini, juga turut hadir Sekcam Cibodas Rizwan Setyo kardinto, Lurah Panunggangan Barat, Fitdina Aprianto, Kepala Puskesmas Panunggangan Barat, Dr. Suci yuliawati, Penyuluh Kesehatan Masyarakat (PKM -red), Dr. Shania, Ketua RW006, Margono, Ketua RT001, Babinsa, dan Binamas.


Posyandu Remaja GEMASKU KEREN adalah upaya kesehatan berbasis Masyarakat yang diselenggarakan dari, oleh, untuk, bersama masyarakat terutama remaja dengan bertujuan dan manfaat yang dapat dirasakan antara lain ; 


1. Dapat membangun dan memberdayakan remaja kemudian memberikan akses pelayanan kesehatan untuk remaja,

2. Dapat memberikan pengetahuan sehingha membentuk remaja yang kuat, sehat, mandiri dan juga menjadi salah satu upaya penanggulangan untuk stunting.


Sesuai dengan yang dipaparkan oleh Kepala Puskesmas Panunggangan Barat, Dr.Suci Yuliawati bahwa stunting bukan hanya hari pertama saja tetapi usia remaja pun harus dilaksanakan juga agar dapat membentuk orang dewasa yang lebih berkualitas.


"Sasaran Posyandu remaja adalah usia 10 sampai 19 tahun, laki-laki dan perempuan tanpa memandang status pernikahan ataupun pendidikan dan termasuk juga remaja yang disabilitas," terangnya.


Dalam Posyandu Remaja ada Lima meja seperti halnya Posyandu Balita, yakni :


1. Pendaftaran 

2. Penimbangan berat badan, pengukuran tinggi badan, lingkar lengan atas, 

3. Pencatatan,

4. Penyuluhan kesahatan,

5. Pelayanan kesahatan.


"Mudah - mudahan dengan dibentuknya atau launchingnya Posyandu Remaja GEMAKU KEREN ini nantinya bisa memberikan manfaat buat para remaja khususnya dan mudah - mudah menjadikan remaja yang bermanfaat buat nusa, bangsa dan agama," tandas Dr. Suci Yuliawati.


"Nanti itu setiap pelaksanaan Posyandu Remaja ada penyuluhan kesehatan yang didalamnya ada berbagai macam materi masalah kesehatan ada pengenalan terkait napza, terkait kesehatan reproduksi yang nanti ada dokter intensif bersama dengan penanggung jawab dari kesehatan remaja ini sendiri nanti akan datang setiap bulan dan nanti akan memberikan penyuluhan agar remaja dari tidak tahu menjadi tahu," tutupnya. (*)

×
Berita Terbaru Update