Notification

×

Tag Google

Begini Cara Atasi Asam Lambung Yang Kumat

Sabtu, Februari 03, 2024 | 03:21 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-27T14:43:41Z
Gambar Ilustrasi Penyakit Asam Lambung Naik

Fakta Khatulistiwa - Ketika asam lambung naik, hal ini terjadi karena zat asam dari lambung naik menuju kerongkongan. Hal itu menyebabkan dinding kerongkongan dan mulut mengalami iritasi. Kamu mungkin akan mengalami sensasi panas atau terbakar pada dada, mulas, kesulitan menelan, dan rasa tidak nyaman di perut. 


Beberapa gejala lainnya yang mungkin terjadi, yaitu lebih sering bersendawa, makanan terasa tersangkut di tenggorokan, mual, dan batuk tanpa dahak.


Asam lambung diproduksi untuk membantu tubuh memecah dan mencerna makanan. Produksi asam lambung yang lebih tinggi dari biasanya dapat menyebabkan gejala seperti sakit perut, mual, kembung, dan mulas.


Ada beberapa penyebab asam lambung meningkat mulai dari infeksi H. pylori, sindrom Zollinger - Ellison, dan efek rebound dari penghentian obat. Jika tidak diobati, asam lambung yang naik dapat menyebabkan komplikasi seperti maag atau GERD


Gejala GERD


Gastroesophageal reflux disease yang biasa disebut GERD atau naiknya asam lambung ke tenggorokan adalah suatu keadaan ketika cairan di lambung berbalik naik ke kerongkongan. Cairan tersebut dapat memicu peradangan dan mengiritasi lapisan dalam kerongkongan.


Gejala utamanya adalah nyeri pada ulu hati yang terus-menerus dan naiknya asam lambung ke kerongkongan. 


Tapi ada pula orang yang mengalami GERD tanpa merasakan nyeri di ulu hati; mereka mungkin merasakan sakit di dada, suara serak di pagi hari, atau kesulitan menelan. 


Mereka juga mungkin merasakan urat pada kerongkongan seolah ditarik, mirip saat tersedak makanan. GERD juga dapat menyebabkan batuk kering dan bau napas tak sedap. 


*Namun, hanya dokter yang dapat mendiagnosis GERD!!


Nah, lantas, penanganan pertama apa yang bisa kamu lakukan saat asam lambung naik?


1. Minum Air Hangat


Minum air hangat dapat membantu meredakan kondisi ketidaknyamanan akibat asam lambung naik. Sebaiknya minum secara perlahan dan jangan terburu-buru. Karena menelan sesuatu terburu-buru saat asam lambung naik dapat memperburuk gejalanya.


2. Makan dalam Porsi Kecil


Salah satu penyebab asam lambung naik adalah karena terlambat makan. Bila itu yang terjadi, maka kamu harus segera mengisi perutmu. Namun, hindari makan terburu-buru atau dalam porsi yang sangat besar.


Sebaiknya, makanlah dalam porsi kecil secara perlahan. Jika perut kamu terasa penuh, segera hentikan dan lanjutkan kembali selang beberapa jam kemudian.


3. Posisi Tidur


Jika kamu hendak berbaring untuk menyamankan diri karena asam lambung naik, posisikan diri senyaman mungkin dan hindari berbaring sejajar. Pastikan posisi dada ke atas lebih tinggi dibandingkan lambung atau perut. Posisi ini dilakukan supaya asam lambung tidak naik ke kerongkongan. Kamu bisa menambahkan beberapa bantal di punggung supaya posisinya lebih tinggi.


4. Merilekskan Diri


Sensasi asam lambung yang naik dapat memicu kepanikan dan ketidaknyamanan yang luar biasa. Kondisi ini semakin parah bila kamu tidak berusaha santai. Cobalah untuk merilekskan diri, melakukan aktivitas yang membuatmu santai dan tidak terbebani dengan rasa tidak nyaman yang sedang kamu alami.


5. Konsumsi Obat Maag


Penanganan pertama lain yang bisa dilakukan saat asam lambung naik adalah dengan mengonsumsi obat maag yang dijual di apotik terdekat.


Jika kamu ingin mencoba obat alami untuk meredakan asam lambung, sebaiknya diskusikanlah terlebih dahulu dengan dokter. 


Untuk rekomendasinya, ada beberapa bahan alami yang dipercaya dapat meredakan asam lambung, contohnya :


1. Sereh


Sereh merupakan bumbu dapur yang juga kerap orang jadikan sebagai bahan jamu tradisional. Nah, rempah yang satu ini bisa membantu meredakan GERD. 


Hal tersebut berkat kandungan antioksidan pada sereh. Menariknya lagi, sereh juga mengandung berbagai nutrisi penting seperti vitamin C, A, zat besi, magnesium, selenium, dan seng. 


2. Jahe


Jahe merupakan salah satu rempah yang para ahli klaim dapat meredakan asam lambung dan mual. Jika kamu telah berkonsultasi dengan dokter dan ia mengatakan aman, pertimbahkan untuk menambahkan jahe parut atau potong dadu ke resep makananmu.


Selain itu, kamu juga dapat membuat teh jahe untuk meredakan asam lambung yang naik. Untuk membuat teh jahe, rendam akar jahe mentah, akar jahe kering, atau kantong teh jahe dalam air mendidih. 


Namun, pastikan untuk mengonsumsi jahe dalam jumlah yang sesuai. Sebab, penggunaan jahe dalam dosis besar sebenarnya dapat menyebabkan mulas atau masalah lain. 


3. Madu 


Rekomendasi obat alami selanjutnya untuk atasi GERD adalah madu. Nah, studi berjudul Honey – A nutrient with medicinal property in reflux oesophagitis menunjukkan hasil menarik. 


Pada studi tersebut, madu diketahui dapat meningkatkan lendir dan mempercepat penyembuhan, yang dapat membantu mengobati refluks dan kerusakan esofagus.


"Selain beberapa bahan tersebut, ada cara alami lainnya yang dapat kamu lakukan untuk mencegah GERD, salah satunya adalah berhenti merokok. Sebab, kebiasaan merokok bisa merangsang perut memproduksi cairan asam lambung lebih banyak dibandingkan biasanya. Kamu juga bisa mengonsumsi beberapa rekomendasi obat nyeri ulu hati untuk membantu mengatasi gejalanya,"


Pencegahan Asam Lambung


Langkah pencegahan asam lambung naik bisa dilakukan dengan memerhatikan kebiasaan sehari-hari dan pola makan. Jika asam lambung naik karena terlambat makan, maka usahakan untuk selalu makan tepat waktu. Jika asam lambung naik karena kebiasaan minum kopi terlalu banyak, maka sebaiknya hentikan konsumsi kafein yang berlebihan.


Eits.. makan terlalu banyak juga bisa menyebabkan asam lambung naik lho!!


Dari berbagai sumber kesehatan menjelaskan, makanlah dalam porsi yang sesuai dan lakukan secara perlahan. 


Mengunyah makanan dalam porsi besar dan terburu-buru juga bisa membuat kamu menelan udara terlalu banyak yang pada bisa memicu peningkatan asam lambung.


Selama ini, obesitas juga menjadi pemicu peningkatan asam lambung, termasuk juga tubuh yang kurang aktif bergerak. 


Tahukah kamu kalau olahraga rutin membantu sistem pencernaan bekerja dengan baik? Sistem pencernaan yang bekerja dengan baik membantu asam lambung memproduksi asam secukupnya saja. 


Olahraga juga membantu memaksimalkan kerja sel pada tubuh sehingga tubuh lebih sehat. Selain mencegah kenaikan asam lambung, rutin berolahraga akan membantu meningkatkan fungsi organ tubuh secara keseluruhan. 


Itulah penjelasan tentang penanganan yang bisa dilakukan saat asam lambung naik dan pencegahan yang bisa dilakukan. 


Jaga kesehatan lambung agar aktivitas sehari-hari tidak terganggu, ya!! 

(*)
×
Berita Terbaru Update