Notification

×

Tag Google

Skuy!! Makan Laksa di Tangerang

Sabtu, Februari 03, 2024 | 07:53 WIB | 0 Views Last Updated 2024-02-03T00:53:30Z
Foto Kuliner Laksa Tangerang

Fakta Khatulistiwa - Laksa merupakan makanan berbentuk seperti mi yang terbuat dari tepung beras, lalu disiram dengan kuah kental yang sudah diracik dengan berbagai bumbu alami, dan biasanya disajikan dengan tambahan toping pilihan seperti, Ayam Bakar, Ayam Sayur, Telur Ayam, Tahu Tempe, Ati Ampela, hingga kerupuk.


Kuliner satu ini, merupakan hasil dari akulturasi budaya Tionghoa di Tangerang. Nama “Laksa” sendiri berasal dari bahasa sanskerta yang berarti 'banyak', yang merujuk pada pembuatan laksa dengan campuran banyak bumbu dan rempah.


Pada tahun 1970-an, Laksa mulai dijajakan oleh banyak pedagang keliling di Kota Tangerang. Namun, seiring berkembangnya zaman, Laksa sempat tergeser oleh jenis makanan cepat saji. Sehingga, pada saat itu jejak makanan laksa mulai sedikit menghilang dalam kurun waktu 20 tahun. 


Namun pada tahun 2000, makanan ini kembali muncul di banyak tempat, bahkan tidak sedikit pula yang masih berkeliling dengan gaya khas pikul ataupun gerobak dorong dari kampung ke kampung.


Nah, kini para pecinta kuliner Laksa sudah tidak perlu lagi repot-repot mencari keberadaanya di Tangerang, sebab untuk bisa menikmati sajian yang kaya akan bumbu rempah ini, kalian hanya tinggal datang ke Jalan Muhammad Yamin, Babakan, Kecamatan Tangerang, yang buka setiap hari, 24 jam nonstop!!


Karena, sejak 2010, Pemerintah Kota Tangerang telah membangun sentra wisata kuliner di atas lahan seluas 5000 m, yang hanya khusus menyajikan makanan Laksa. (Red)

×
Berita Terbaru Update